Tutorial: Pelindung Sepatu Medis

Tutorial pembuatan pelindung sepatu ini kami terjemahkan dari karya para kriyawan di Maker’s Habitat (dengan persetujuan mereka). Untuk mengunjungi laman berbahasa aslinya, yakni bahasa Inggris, klik di sini.

Kali ini kami menyajikan cara membuat APD lain yang dapat Anda jahit untuk para pekerja di pusat pelayanan kesehatan: pelindung sepatu medis. Pelindung sepatu dengan pola berikut dapat dibuat dalam 5 menit saja, dan dapat dikerjakan oleh penjahit pemula.

Pola pelindung sepatu sekali pakai tradisional menggunakan bahan karet elastis pada bukaan atas. Namun, mengingat selama berlakunya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akibat COVID-19 terdapat kesulitan untuk memperoleh pasokan besar bahan elastis, setelah berdiskusi dengan para sukarelawan, terbit ide untuk menggunakan tali serut sebagai pengganti. Tali serut mengikat ke depan sehingga memudahkan pemakai untuk mengenakannya sendiri.

Pilihan bahan:

  1. Kain non-tenun standar medis
  2. Jas hujan sekali pakai yang baru (berbahan tebal, bukan tipis)
  3. Kantung sampah yang baru (berbahan tebal, bukan tipis)

Catatan: Apabila Anda membuat penutup sepatu ini untuk rumah sakit atau klinik setempat, pastikan terlebih dulu apakah mereka memerlukannya, apa saja persyaratan dari mereka terkait bahan-bahan, serta apakah polanya sesuai dengan kebutuhan mereka.

Catatan untuk penjahit:

  1. Kerjakan hanya di area kerja yang bersih. Lakukan sanitasi (pembersihan dengan disinfektan) pada area meja potong dan mesin jahit sebelum mulai bekerja.
  2. Jangan membuat penutup bot medis ketika sedang sakit.
  3. Jahitlah di rumah sendiri. Kita wajib menerapkan penjagaan jarak fisik saat menjahit!
Contoh pola. Untuk pola dalam ukuran asli yang berbahasa Indonesia, unduh lewat tautan di bawah ini.

Gambar di atas adalah contoh pola yang belum mengikuti ukuran aslinya. Untuk mengunduh pola berbahasa Indonesia dalam ukuran asli yang dipecah menjadi beberapa halaman A4, klik di sini.

Mari kita mulai!

1. Pada sisi belakang (SB) bahan pelindung bot, lipat bagian atas sekitar 3 cm. Lipatan ini akan menjadi tempat memasukkan tali serut.

PSM1

2. Masukkan tali serut ke dalam lipatan.

3. Jahit sepanjang lipatan, pastikan tali serut tidak ikut terjahit.

4. Lipat dua dengan SB tetap tampak di luar. Ujung yang melengkung saling bertemu.

5. Sisakan jarak 12cm tidak terjahit pada bukaan pelindung sepatu. Lalu jahitlah mengelilingi pelindung sepatu (dengan kampuh 0,5 cm) mengikuti garis merah. Setelah sampai bagian kurva pergelangan, miringkan jahitan sehingga pelindung sepatu terjahit sempurna. Ingat, lakukan jahitan tikam jejak sejak awal hingga akhir jahitan.

6. Balik hingga sisi depan bahan terlihat, selesai!

Terima kasih atas kesediaan Anda menjahitkan APD bagi para garda depan medis kita! Seandainya terlewat, unduh Pola A4 di sini.

DISCLAIMER: Panduan ini adalah katalog atas upaya komunitas global merespons krisis COVID-19, dan para penulis materi, orang-orang yang turut bekerja sama menggarapnya, maupun para penerjemahnya tidak bertanggung jawab atas segala bahaya atau cedera yang diakibatkan oleh penggunaan informasi dalam buku panduan ini, serta tidak bertanggung jawab apabila terdapat ketidakjujuran informasi di dalamnya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s