Menyambung dan Menyegel dengan DuPont™ Tyvek®

suit-710276_1920

Tulisan dalam bahasa asli (Inggris) dapat dibaca di sini.

Ada banyak pertanyaan terkait upaya meminimalkan permeabilitas pada alat pelindung diri (APD), khususnya jubah pelindung. Permeabilitas adalah kemampuan terserapnya cairan melalui pori-pori pada suatu lapisan. Rancangan jubah pelindung (baju hazmat) yang kami sajikan di sini (model terusan) dan di sini (model dua potong) memang menggunakan bahan yang nonpermeabel, namun jahitan mengakibatkan munculnya rangkaian lubang akibat tusukan jarum. Untuk menanggulangi ini, salah satu yang dapat dilakukan adalah melakukan penyambungan ataupun penyegelan menggunakan bahan DuPont Tyvek® yang beberapa caranya kami sajikan di bawah ini.

  • Penyegelan dengan Panas

Meskipun DuPont Tyvek®  dapat direkatkan pada bahannya sendiri hanya dengan menggunakan panas, bahan segel yang kuat sulit diperoleh. Hal ini dikarenakan pelelehan Tyvek®  merusak struktur serat, mengurangi fleksibilitas dan mengurangi ketahanan anti-sobek di area segel. Namun, apabila Tyvek® disegel dengan panas tanpa bahan tambahan apa pun, harus digunakan model tanpa pelapisan antistat atau model yang tidak didesain untuk menangkal korona (seperti model 1059B dan model 1073B). Hal ini dikarenakan saput molekular oksida dan antistat pada permukaan model yang didesain untuk menangkal korona atau desain dengan lapisan antistat menyebabkan Tyvek® sulit meleleh secara merata, yang mengurangi kekuatan segel.

Cetakan sekat pelindung (trim seal dies), didesain dengan pelat penahan pegas, telah berhasil digunakan untuk penyegelan dengan panas. Namun, metode yang lebih dipilih adalah dengan menggunakan lapisan yang memiliki titik leleh lebih rendah daripada Tyvek®. Dengan lapisan seperti itu, dapat diperoleh kekuatan segel yang tinggi dengan menggunakan batang panas (hot-bar) atau teknik-teknik impuls.

  • Penyegelan Dielektrik

Seperti saput polietilen, Tyvek® tidak dapat disegel secara dielektrik dengan metode konvensional. Namun, telah dikembangkan proses kepemilikan komersial yang memungkinkan Tyvek®  disegel secara dielektrik menggunakan peralatan konvensional berfrekuensi radio.

  • Penyegelan Ultrasonik

Perkembangan terbaru dalam penyegelan ultrasonik juga telah memperlihatkan beragam segel yang dapat merusak serat pada kebanyakan model Tyvek® tanpa kerutan yang sering dikaitkan dengan penyegelan panas Tyvek®. Proses ini juga membentuk segel yang kuat untuk berbagai macam serat plastik dan non-tenun. Untuk informasi lebih lanjut tentang penyegelan, silakan hubungi kami.

  • Perekatan

Beberapa bahan perekat dapat digunakan untuk merekatkan Tyvek®, baik pada bahannya sendiri maupun zat lain. Secara umum, bahan perekat berbahan dasar air dengan daya rekat cepat dan pengeringan yang cepat lebih banyak dipilih. Namun, langkah pertama dalam memilih bahan perekat adalah dengan menentukan bagaimana bahan tersebut akan bereaksi dengan Tyvek®. Uji laboratorium adalah cara terbaik untuk melakukan penentuan ini.

Bahan perekat produk alami yang berbahan dasar pati, dekstrin, kasein atau produk berbahan hewani lebih banyak dipilih daripada perekat berbahan dasar sintetis. Perekat sintetis seringkali mengandung bahan-bahan yang berat molekulnya rendah yang dapat bertindak sebagai pelarut pada suhu tinggi dan menyebabkan penggelembungan dan pengerutan. Perekat panas berbahan dasar dari hewan (hot animal glue) adalah perekat terbaik untuk merekatkan Tyvek® pada kertas karton. Kisis sintetis berbasis air juga mengikat Tyvek® pada bahannya sendiri dan berbagai substrat. Perekat etilena/vinil asetat sangat bermanfaat, sebagaimana bahan perekat yang sensitif pada tekanan akrilik. Perekat poliuretan komponen tunggal berbasis pelarut memberikan daya rekat optimal (kekuatan sambungan), serta memberikan fleksibilitas dan ketahanan air untuk melekatkan Tyvek® pada bahannya sendiri dan berbagai jenis substrat.

Teknologi perekat lelehan panas (hot-melt) telah banyak diperlihatkan dalam sejumlah penggunaan yang melibatkan Tyvek®, termasuk pembuatan pengering, amplop, dan kemasan medis. Harus dilakukan perawatan dalam pemilihan perekat dan direkomendasikan berkonsultasi dengan produsen perekat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s