Masker Berkantong Maker’s Habitat

Cara membuat masker dengan kantong filter ini dibagikan dengan persetujuan dari Maker’s Habitat, suatu ruang kreatif tempat menjahit dan membuat aneka kerajinan bagi orang dewasa dan anak-anak di Kuala Lumpur, Malaysia. Tanpa perlu mengunduh apapun, baca terus untuk instruksi tertulis serta video pembuatan masker kain berkantong a la Maker’s Habitat.

Buat Sendiri: Masker Kain dengan Kantong Filter

LANGKAH 1: Potong 1 bagian Kain Utama, 2 bagian Kain Pelapis, dan 2 bagian karet elastis sesuai dengan ukuran di bawah ini.

kain utama 1 potong
kain pelapis 2 potong

UKURAN POLA MASKER DEWASA:
Kain Utama: 24 cm x 19 cm
Kain Pelapis: 18 cm x 13 cm
Panjang karet elastis per bagian: 30 cm jika karet sangat elastis atau 35 cm jika tidak terlalu elastis. Coba pasang karet elastis dan jika perlu sesuaikan panjangnya.

UKURAN POLA MASKER ANAK-ANAK:
Kain Utama: 21,5 cm x 16,5 cm
Kain Pelapis: 15,5 cm x 10,5 cm
Panjang karet elastis per bagian: 25cm jika karet sangat elastis atau 30 cm jika tidak terlalu elastis. Coba pasang karet elastis dan jika perlu sesuaikan panjangnya.

LANGKAH 2: Setrika sekitar 1,5 cm bagian belakang kain pada salah satu sisi tepi panjang Kain Pelapis dan jahit. Ulangi pada kain pelapis lainnya.

setrika
jahit

LANGKAH 3: Tumpuk dan pertemukan bagian depan Kain Pelapis dengan bagian depan Kain Utama (Sisi Luar/SL dengan SL) menggunakan alat penjepit/jarum pentol. Pastikan jarak tepi pada sisi kiri maupun kanan sama.

LANGKAH 4: Jahit bagian depan Kain Pelapis pada bagian depan Kain Utama (SL dengan SL) di sisi atas dan bawah. Setrika.

jahit
setrika

LANGKAH 5: Lipat bagian belakang Kain Pelapis dan Kain Utama ke dalam (Sisi Dalam/SD dengan SD). Setrika.

setrika

LANGKAH 6: Saatnya membuat lipit! Jumput dan lipat Kain Utama maupun Kain Pelapis menjadi 3 lipatan dengan lebar sekitar 1 cm per lipatan. Gunakan alat penjepit atau jarum pentol untuk menahan lipatan dan setrika lipatan. Tinggi akhir lipatan sekitar 10cm.

jumput & lipat
sekali lagi
terakhir
setrika

LANGKAH 7: Jahit lurus pada Kain Utama, tepat di dekat tepi Kain Pelapis. Ulangi di sisi lainnya.

jahit

LANGKAH 8: Untuk membuat lubang tali elastis, lipat tepi Kain Utama yang dijahit hingga dua kali. Gunakan alat penjepit atau jarum pentol untuk menahan lipatan di tempatnya. Ulangi di sisi lainnya.

lipat dan setrika
sekali lagi

LANGKAH 9: Jahit di atas lipatan untuk membuat lubang tali elastis. Ulangi di sisi lainnya.

jahit

LANGKAH 10: Sisipkan karet elastis, buat simpul pada ujungnya, sisipkan lapisan filter, dan Anda selesai!

simpul
sisipkan lapisan nontenun sebagai filter ke dalam kantong

CATATAN: Menurut OSCMS Medical Review Team (Tim Peninjau Medis OSCMS), terkecuali filternya, desain ini bagus digunakan berulang kali bersama APD lain yang ada. Model tali yang diikat di belakang kepala lebih baik daripada model cantolan telinga. Untuk filter, pertimbangkan bahan polypropilene nontenun (NWPP) yang keterangannya bisa dibaca di sini.

DISCLAIMER: Panduan ini adalah katalog atas upaya komunitas global merespons krisis COVID-19, dan para penulis materi, orang-orang yang turut bekerja sama menggarapnya, maupun para penerjemahnya tidak bertanggung jawab atas segala bahaya atau cedera yang diakibatkan oleh penggunaan informasi dalam buku panduan ini, serta tidak bertanggung jawab apabila terdapat ketidakjujuran informasi di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s